Binary Calculations

Written by on ,
Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Dari sistem biner, kita dapat mengkonversinya ke sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal. Sistem ini juga dapat kita sebut dengan istilah bit, atau Binary Digit. Pengelompokan biner dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte/bita. Dalam istilah komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode rancang bangun komputer, seperti ASCII, American Standard Code for Information Interchange menggunakan sistem peng-kode-an 1 Byte.

Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara manual mengkonversi Biner ke ASCII dan ASCII ke Biner. Dimulai dari...

Biner > ASCII


  
ASCII > Biner

Sudah paham dengan penjelasan di atas? Kalau belum, silahkan komentar di bawah postingan. Mungkin saya akan menjelaskan lagi mengapa 71:2 dituliskan 1. Setiap angka di atas dibagi 2 dan memiliki sisa (1) harus ditulis dengan 1. Misal 71:2 = 35, dan akan ada sisa angka yaitu 1.


tags: binary calculation, binari, ascii, convert ascii, convert binary, pengiraan binari, binari, ascii, menukarkan ascii, menukar binari, حساب ثنائي، ثنائي، أسكي، وتحويل ASCII، لتحويل ثنائي, Binär-Berechnung, Binär-, ASCII, ASCII umwandeln, umwandeln binären, バイナリ計算、バイナリ、ASCIIは、ASCII変換、変換、バイナリ, ไบนารีการคำนวณเลขฐานสองเลขฐานสอง, ASCII, แปลง ASCII, แปลง,

1 komentar:

  1. Manteb nih Artikel

    Bang admin yang baik mampir ke blog saya dong . Kalau bisa Tinggalkan Komentar ^^ http://share4rt.blogspot.com/

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar setelah membaca.
Semua trik disini telah menjadi tanggungjawab masing-masing :)
Jangan lupa G+ nya yaa ._.

Hosting Unlimited Indonesia