Kemajuan teknologi yang begitu pesat dalam bidang visual terlihat dengan kental pada industri game dan film.
Hal ini untuk sebagian orang menjadi kekhawatiran yang besar, mengingat nantinya tidak akan ada bedanya antara gambar manusia yang dibuat di komputer dengan manusia asli.
Fenomena membaurnya dunia maya dengan dunia asli tersebut disebut kemampuan melampaui Uncanny Valley.
Hal ini untuk sebagian orang menjadi kekhawatiran yang besar, mengingat nantinya tidak akan ada bedanya antara gambar manusia yang dibuat di komputer dengan manusia asli.
Fenomena membaurnya dunia maya dengan dunia asli tersebut disebut kemampuan melampaui Uncanny Valley.
Uncanny
Valley adalah "lembah" teoritis yang menunjukkan kualitas grafis
meningkat namun dengan hasil kurang enak dipandang mata. Sebelum
memasuki lembah itu adalah area grafis "kartun" yang, meskipun tidak
realistis, lebih sedap dipandang.
Kualitas grafis saat ini,
ketika mencoba menampilkan wujud realistis, kerap mewujudkan fenomena
Uncanny Valley, yaitu gambarnya jadi tampak "menyeramkan" dibandingkan
asli.
Menurut perusahaan pembuat visual effect nomor satu
di dunia saat ini, Industrial Light & Magic (ILM) dari LucasArts –
industri game akan melewati batas Uncanny Valley tersebut dalam waktu 10
tahun lagi.
Hal ini dikemukakan oleh Kim Libreri, ILM Visual Effect Supervisor dalam wawancara dengan CVG ketika membahas mengenai tampilan visual game StarWars 1313 yang luar biasa.
Hal ini dikemukakan oleh Kim Libreri, ILM Visual Effect Supervisor dalam wawancara dengan CVG ketika membahas mengenai tampilan visual game StarWars 1313 yang luar biasa.
“Sepuluh
tahun dari sekarang saya yakin kita semua akan sampai ke titik di mana
tampilan di film dan game tidak akan berbeda dengan dunia nyata, apalagi
bila menghitung cepatnya perkembangan generasi console, perkembangan teknologi video, dan hardware dari ATI,” ujar Kim.
Pendapat
senada juga dilontarkan Christoph Hartmann, pimpinan dari 2K Games.
“Akan sangat sulit untuk mengembangkan game sampai tampilan game
tersebut berubah ke tahap photorealistic,” tegasnya.
Ia juga menambahkan pentingnya kualitas visual seperti kenyataan untuk memperkuat emosi dari game tersebut.
Ia juga menambahkan pentingnya kualitas visual seperti kenyataan untuk memperkuat emosi dari game tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa berkomentar setelah membaca.
Semua trik disini telah menjadi tanggungjawab masing-masing :)
Jangan lupa G+ nya yaa ._.